Penjelasan Tugas HR Manager dan Perannya di Perusahaan

Penjelasan Tugas HR Manager dan Perannya di PerusahaanPengelolaan sumber daya manusia atau human resources dalam satu perusahaan merupakan salah satu hal krusial. Pasalnya, perusahaan tidak mungkin berjalan tanpa keberadaan SDM untuk mengoperasikan berbagai hal yang ada. Untuk itulah, kemudian peran HR Manager menjadi sangat penting, terkait dengan pengelolaan dan administrasi SDM yang dimiliki.

Memang secara praktis peran dari SDM yang dimiliki perusahaan akan terkikis oleh keberadaan berbagai aplikasi dan software yang kini mulai gencar dikembangkan. Namun demikian, hal ini tidak berlaku pada level manager. Kapasitas software dan program yang saat ini ada belum dapat menggantikan peran manager secara keseluruhan.

Utamanya pada bagian HR perusahaan. Bagian yang mengepalai pengelolaan manusia di perusahaan ini masih sangat tergantung pada kapasitas manager sebagai manusia. Hanya saja, memang secara praktis pekerjaan yang dilaksanakan sangat terbantu oleh keberadaan software atau program yang khusus dikembangkan untuk ranah ke-HR-an.

Tugas yang tadinya harus dilakukan dengan berbekal data analog, kini telah banyak terbantu dengan digitalisasi pengumpulan data dan analisis data tersebut. Digitalisasi yang terjadi juga tidak hanya memanfaatkan perangkat komputer, namun juga pada software khusus yang diperuntukkan untuk keperluan HR. HR Manager kemudian akan mendapatkan rekap data yang digunakan untuk membuat keputusan strategis terkait HR di perusahaan.

  1. Job Description HR Manager

    Penjelasan Tugas HR Manager dan Perannya di PerusahaanSecara sederhana terdapat tiga tugas utama dari seorang manager di bidang HR ini.

    ??? Mengembangan dan mengurus perencanaan sumber daya manusia dan berbagai macam prosedur yang berkaitan dengan staff di dalam perusahaan.

    ??? Merencanakan, mengatur dan memantau aktivitas dan tindakan dari bagian HR.

    ??? Bertanggung jawab atas pengembangan dan perencanaan tujuan bagian HR, tujuan serta sistem atau prosedur pelaksanaannya.

    Ketiga tugas utama ini harus dilaksanakan oleh seorang yang memiliki kapabilitas sebagai seorang manajer di bidang HR, agar perusahaan dapat melakukan pengelolaan SDM yang dimilikinya dengan optimal. Memang jika dilihat dalam lingkup kecil pada setiap perusahaan, biasanya manager HR akan memiliki sedikit perbedaan tugas. Namun secara ideal, inilah garis besar tugas seorang manager bidang HR.

  2. Target dari Manajer Bidang HR

    Penjelasan Tugas HR Manager dan Perannya di PerusahaanDari ketika jobdesc yang disebutkan di atas, kemudian dijabarkan ke dalam beberapa hal yang lebih spesifik dan detail. Beberapa jabaran dan poin di bawah ini menjadi gambaran umum mengenai tugas dan target yang umumnya harus dicapai seorang manager di bidang HR.

    ??? Implementasi dan revisi pada program pengupahan perusahaan.

    ??? Membuat dan merevisi job description masing-masing bagian.

    ??? Melakukan survei gaji tahunan.

    ??? Pengembangan, analisa serta pembaruan pada kebijakan anggaran gaji perusahaan.

    ??? Pengembangan, analisa serta pembaruan program evaluasi perusahaan.

    ??? Pengembangan, revisi dan rekomendasi pada kebijakan terkait staff.

    ??? Pengelolaan standar operasional perusahaan beserta segala prosedur yang terkait dengan SDM.

    ??? Pengawasan pada proses rekrutmen setiap bagian, termasuk juga pembuatan dan penempatan iklan peluang kerja.

    ??? Pengelolaan program onboarding untuk karyawan baru dan konseling karyawan.

    ??? Pengawasan wawancara pengunduran diri.

    ??? Pengelolaan laporan dan arsip setiap bagian.

    ??? Ikut serta dalam rapat staff administrasi.

    ??? Merekomendasikan kebijakan baru, pendekatan baru, serta prosedur baru yang bertujuan mengembangkan perusahaan.

    Setiap poin tersebut merupakan target ideal yang harus dilaksanakan oleh HR manager, untuk memenuhi kewajiban pada posisi tersebut. Nantinya, setiap poin tersebut memerlukan basis data yang aktual pada kondisi SDM yang dimiliki perusahaan. Tujuannya jelas, agar setiap keputusan yang diambil berdasarkan data terbaru dan termutakhir yang dimiliki oleh perusahaan.

  3. Aplikasi HR

    Penjelasan Tugas HR Manager dan Perannya di PerusahaanPengambilan kebijakan dan pelaksanaan tugas posisi ini, harus berdasar pada data yang sangat valid. Di sinilah kemudian software atau berperan untuk membantu kerja manager bagian HR. Data yang direkam dan disediakan kemudian dapat dimanfaatkan secara penuh untuk keperluan analisis berbagai hal terkait karyawan atau SDM yang dimiliki perusahaan.

    Update dari data yang disediakan biasanya akan dilakukan secara sangat rutin, mengingat masukan data yang ada dilakukan oleh setiap staff sendiri. Data yang di input kemudian akan disimpan dan diproses sedemikian rupa, sehingga HR manager dapat menggunakan dan mengolah data yang diperlukan untuk kebijakan yang akan diambil.

    Kombinasi antara kapabilitas manusia, serta software yang handal dapat menghasilkan satu output yang baik bagi perusahaan dan karyawan. Elemen manusia dalam pengelolaan SDM perusahaan masih sangat diperlukan, karena bagaimanapun juga staf yang dikelola adalah manusia, maka sebaiknya dikelola dengan memanusiakan manusia tersebut.

Salah satu software yang dapat membantu HR manager dalam memenuhi jobdesc dan mengelola SDM perusahaan adalah . Software HR ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap, serta operasional yang sangat mudah. Dengan database yang berbasis cloudstore, bagian manager bisa memanfaatkan data yang dimiliki kapanpun dan dimanapun, ketika keputusan darurat harus dilakukan. andalan perusahaan, demi output kebijakan yang optimal.