Tugas dan Tanggung Jawab HRD untuk Kemajuan Perusahaan

Departemen HR merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perusahaan.

Karena berdirinya sebuah perusahaan selalu diikuti dengan HRD yang memiliki fungsi menaungi sistem hubungan kerja antara perusahaan dengan karyawan.

Kerja HRD akan selalu berkaitan dengan kesejahteraan karyawan baik yang bersifat pendidikan maupun honor karyawan, perekrutan karyawan, serta segala kebijakan yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Kebijakan yang berkaitan dengan karyawan dapat berupa tunjangan kesehatan, kompensasi, pesangon, pelatihan kerja karyawan serta sistem komunikasi yang dapat dijadikan landasan kerjasama antara karyawan dan perusahaan.

Mengingat begitu pentingnya keberadaan HRD di dalam sebuah perusahaan, maka orang-orang yang ada di dalam departemen HRD biasanya bukanlah orang biasa yang tidak memiliki kemampuan manajerial.

Pada umumnya, orang-orang yang mengisi posisi HRD merupakan orang pilihan dengan latar belakang pendidikan yang sudah ditentukan berdasarkan standar pendidikan minimal karyawan perusahaan. Ketahui apa saja tugas dan tanggung jawab HRD untuk kemajuan perusahaan.

Cara Efektif yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Turnover Karyawan

  1. Fungsi HRD Bagi Perusahaan

    atau merupakan bagian atau departemen dari perusahaan yang bertugas untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Mulai dari tugas perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, pengembangan, performance management, penggajian, hingga menumbuhkan hubungan industrial.

    HRD di perusahaan memiliki fungsi khusus, diantaranya adalah fungsi internal dan fungsi eksternal. Fungsi internal yaitu HRD bekerja sebagai pelatih untuk karyawan di perusahaan. Sedangkan fungsi eksternal berarti HRD Karyawan yang memiliki konseling di luar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingginya tingkat kemampuan dan kemauan dari kemampuan akan mengikuti.

  2. Tugas dan Tanggung Jawab HRD di Perusahaan

    Sangat penting bagi perusahaan untuk memilih HRD yang cerdas dan komunikatif. Adapun tanggung jawab bagian HRD di dalam sebuah perusahaan adalah untuk membentuk atau membuat desain organisasi perusahaan, melakukan penilaian kinerja karyawan, mengatur karyawan, merencanakan tata cara penghargaan dan kompensasi serta pengembangan organisasi karyawan. Yang menjadi tugas HRD adalah perluasan dari tanggung jawab yang diberikan kepada bagian HRD.

    1. Dalam hal membentuk atau membuat desain organisasi perusahaan, tugas yang harus dilakukan oleh HRD adalah melakukan identifikasi fungsi pekerjaan, kompetensi karyawan serta keterampilan individu karyawan. Selain itu, HRD juga harus melakukan tinjauan terhadap segala permasalahan yang terjadi pada perusahaan. Kemudian memberikan sebuah rekomendasi untuk perbaikan masalah dan melakukan perubahan desain organisasi perusahaan jika diperlukan.

    2. Tanggung jawab pemetaan sumber daya yang melekat pada bagian HRD meliputi tugas-tugas seperti menganalisis kebutuhan karyawan, merekrut karyawan dan pengembangan yang dilakukan untuk kompetensi karyawan. Pemetaan sumber daya ini berhubungan secara langsung dengan tanggung jawab HRD yang berkaitan dengan manajemen kinerja karyawan. Pemetaan yang dilakukan HRD harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan tanpa meninggalkan kompetensi yang dimiliki karyawan. Sehingga dengan pemetaan yang benar, maka akan diperoleh sebuah analisis kinerja karyawan yang tepat. Penilaian kinerja yang adil dilakukan pada karyawan yang telah dipetakan sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikannya masing-masing. Dengan begitu, kinerja karyawan dapat dinilai secara baik dan benar. Jika?? sampai ada karyawan yang kinerjanya tidak baik, maka HRD hanya perlu memberikan peringatan atau sanksi in-disiplin tanpa harus melakukan perombakan pada pemetaan sumber daya.

    3. Tanggung jawab penghargaan yang dilekatkan kepada HRD meliputi tugas-tugas yang berkaitan dengan upah atau gaji karyawan. Sebagai sebuah bagian terpenting dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan karyawan, maka bagian HRD harus jeli dalam menjalankan kebijakan upah yang diterapkan perusahaan. Jika ternyata ada salah satu pihak yang dirugikan, maka tugas HRD untuk melakukan perbaikan.

  3. Ciri-ciri HRD yang Baik

    Ada banyak ciri-ciri yang dapat menggambarkan seorang HRD yang baik dan profesional. Setidaknya, seorang HRD harus memiliki sikap seperti di bawah ini:

    1. Memiliki sikap yang tidak mudah menyerah dan terus berusaha dengan semua masalah serta hambatan yang ada di dalam perusahaan.

    2. Memiliki kemampuan untuk selalu menerima apapun hasil dari tugas-tugas pekerjaan yang berhasil diselesaikan.

    3. Dapat mempertanggungjawabkan perkataan dan dapat menerapkannya pada perbuatan. Sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi seluruh karyawan di perusahaan.

    4. Mampu mengontrol perkataan dan perbuatan, sehingga dapat mengontrol seluruh karyawan agar sesuai dengan nilai-nilai di perusahaan.

    5. Memiliki kemampuan dalam menjalin dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Sehingga lebih mudah dalam bergabung di kelompok-kelompok dan faksi.

    6. Memiliki tekad kuat dan keyakinan dalam meningkatkan hasil dan mencapai target secara maksimal.

    7. Disiplin dan tepat waktu.

    8. Berpikir secara terbuka dan selalu mengikuti perubahan positif yang terjadi di perusahaan.

    9. Peka terhadap permasalahan yang terjadi dan memiliki sikap cepat tanggap.

Salah satu hal penting yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab HRD adalah memastikan bahwa hubungan yang terjadi antara perusahaan dengan karyawan dapat berlangsung dengan baik. Sehingga dapat mendatangkan banyak manfaat, tidak hanya manfaat untuk satu pihak melainkan untuk semua pihak. Dengan begitu, keberlangsungan perusahaan dapat terjamin dengan baik. Begitu pula dengan kualitas hidup karyawan juga akan terjamin dengan baik.

Mengingat tugas dan tanggung jawab HRD begitu banyak terhadap perusahaan dan karyawan, maka pada software HRD memang diperlukan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menawarkan kemudahan untuk para tim HRD di perusahaan dalam pengelolaan segala urusan administrasi yang berhubungan dengan karyawan. Mulai dari data absensi dan cuti karyawan, sistem penggajian, dan lain sebagainya kini dapat dilakukan secara lebih mudah dan praktis. Gunakan software HR Sleekr, yang telat dipercaya oleh banyak pengguna. untuk mendapatkan informasi secara lebih jelas dan lengkap.