Beberapa Alasan Utama Pembukuan Keuangan UKM Menghemat Pengeluaran

Jadwal yang padat sebagai seorang pemilik bisnis membuat Anda mengabaikan pembukuan keuangan UKM perusahaan. Tanpa disadari, tumpukan invoice, laporan pengeluaran, dan dokumen-dokumen akuntansi lain pun semakin meningkat hingga akhirnya terbengkalai. Padahal, pembukuan keuangan yang tidak akurat, baik karena sudah lama tidak di-update ataupun secara keseluruhan mengalami kekacauan, akan berimbas buruk pada nasib jangka panjang perusahaan.

5 Alasan Mengapa Pembukuan Keuangan UKM Bisa Menghemat Pengeluaran

Mengaburkan Gambaran Besar Kondisi Finansial

Pembukuan keuangan??memberikan gambaran terhadap kelangsungan hidup finansial perusahaan Anda. Tanpa adanya pembukuan keuangan UKM yang benar, gambaran tersebut akan mengabur dan menyulitkan pengambilan keputusan untuk menghemat pengeluaran bisnis. Kini mungkin bisnis Anda sedang berjuang secara finansial, tetapi jika tidak memiliki pembukuan yang benar, Anda tidak akan mampu mengetahui penyebab masalahnya. Lebih buruk lagi, Anda bisa saja tidak mengetahui bahwa sebenarnya sedang ada masalah pada perusahaan Anda.

Menyebabkan Kesalahan yang Merugikan

Salah menghitung keuntungan atau biaya tertentu karena pembukuan keuangan UKM yang buruk dapat menjadi bencana bagi bisnis Anda. Sebagai contoh, menaksir keuntungan terlalu tinggi ketika mengisi formulir pajak akan membuat biaya pajak perusahaan Anda meningkat. Sedangkan jika yang terjadi adalah sebaliknya, Anda bisa saja dikenakan denda atau audit. Pembukuan yang tidak benar juga bisa membuat Anda salah mengategorikan aset dan berujung pada membengkaknya pengeluaran bisnis. Jika tidak rutin mencocokkan pembukuan dengan laporan bank, kesalahan tersebut bisa membengkak dan berpotensi merusak kondisi finansial perusahaan.

Meningkatkan Risiko Audit

Telat membayar pajak atau memiliki data keuangan yang terkesan ???mencurigakan??? bisa membuat bisnis Anda lebih rawan untuk dikenakan audit. Bahkan jika sebenarnya tidak ada yang salah dengan data keuangan Anda, proses audit masih akan menghabiskan wakt ,dan biaya. Tentu proses tersebut akan jauh lebih melelahkan apabila pembukuan keuangan??Anda tidak teratur. Belum lagi adanya risiko penemuan data-data keuangan yang dianggap tidak sesuai. Bisa-bisa Anda diminta untuk membayar dendam atau terkena pinalti dari lembaga keuangan.

Membatasi Opsi Finansial

Pembukuan keuangan??yang tidak teratur mampu membatasi opsi Anda untuk mendapatkan pinjaman. Ami Kassar, CEO dari MultiFunding, pernah memiliki klien yang sedang membutuhkan dana dengan cepat. Sayangnya, karena pembukuan akuntansi yang sudah tidak di-update selama enam minggu, kebutuhan tersebut jadi tidak bisa segera dipenuhi. Bagi para pemilik bisnis kecil yang sedang membutuhkan pinjaman dana, terutama jika sifatnya mendesak, pastikan bahwa pembukuan akuntansi Anda sudah benar dan akurat. Jangan sampai pembukuan akuntansi yang buruk menghalangi Anda dalam mendapatkan pinjaman dana untuk keperluan bisnis.

Mengarah pada Masalah Daftar Gaji

Sama seperti aspek lain dalam finansial perusahaan, daftar gaji atau payroll juga dipengaruhi oleh pembukuan akuntansi. Jika tidak melakukan pembukuan akuntansi secara benar, tanpa sadar Anda bisa saja memberi gaji pada karyawan dengan jumlah yang sebetulnya kurang sesuai. Parahnya, Anda tidak mengetahui hal tersebut karena catatan pembukuan yang berantakan. Kesalahan tersebut bisa berujung pada masalah pajak yang harus dibayarkan oleh karyawan.

Masih mau menunda-nunda pengerjaan pembukuan akuntansi perusahaan? Hal tersebut hanya akan menghalangi Anda untuk menghemat pengeluaran bisnis. Belum lagi waktu dan tenaga yang akan banyak terbuang. Pembukuan akuntansi harus memiliki segala data finansial yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis, seperti merekrut karyawan baru, mencari pendanaan, dan lain sebagainya. Keputusan yang baik didasari oleh informasi berkualitas sama, jadi pastikan pembukuan akuntansi Anda sudah benar dan up-to-date.

Salah satu cara memastikan pembukan perusahaan sederhana untuk usaha UKM Anda terkelola dengan baik dan benar adalah dengan menggunakan software??akuntansi dengan akurasi yang sudah terjamin, seperti Jurnal. Anda dapat mendapatkan??trial gratis jika mendaftarkan perusahaan Anda sekarang, di sini.