Meningkatkan Kualitas Departemen HR Melalui Strategi Marketing

Departemen HR??(Human Resource) adalah salah satu sektor penting yang ikut membangun perusahaan. Tugas HR beragam, mulai dari menjaga hubungan harmonis antar karyawan, sebagai penghubung antar karyawan maupun karyawan dengan atasan, pembimbing karyawan, dan hal-hal lain. Seorang HR yang tangguh tak hanya memiliki kemampuan multitasking semacam itu, tapi akan lebih baik jika ia juga memiliki kemampuan marketing.

Baca juga :??7 Keahlian yang Harus Dimiliki oleh Admin HR

Berikut strategi marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas departemen HR.

  1. Menciptakan Platform Serbaguna

    Sama halnya dengan marketing belanja online yang mampu memberikan kemudahan akses untuk setiap pelanggannya, HR juga demikian. HR bertanggung jawab pada penyebaran informasi kepada karyawan. Tak hanya info, namun juga program tertentu. Oleh sebab itu, ia harus mampu membuat platform khusus berisi segala info atau program yang bisa diakses oleh siapa saja yang memerlukan. Anda bisa menggunakan software seperti Sleekr HR untuk hal ini. Kemudahan akses yang ditawarkan perusahaan akan membuat karyawan lebih ter-update sehingga kegiatan operasional perusahaan tidak perlu terhambat karena alasan ada karyawan yang belum memperoleh informasi. Dengan adanya satu platform serbaguna yang dibuat oleh departemen HR, karyawan tidak perlu lagi menjelajah berbagai sumber untuk mengumpulkan info yang berbeda.

    Baca juga : 4 Cara Tingkatkan Fungsi HR Melalui Teknologi Mobile

  2. Mengaplikasikan Lebih dari Satu Metode

    Email adalah cara komunikasi paling umum yang dilakukan untuk berhubungan antara karyawan, atau karyawan dengan atasan. Namun, terkadang, kesibukan kerja ditambah notifikasi email yang menggunung membuat karyawan malas untuk membukanya. Survey dari theEMPLOYEEapp menunjukkan bahwa 80% karyawan menggunakan email untuk berkomunikasi, tetapi 30% dari mereka mengabaikan email dari atasan. Sebagai seorang HRD, manfaatkanlah teknologi untuk memaksimalkan pekerjaan Anda. Sebar info melalui instant messenger, media sosial internal, blog perusahaan, atau aplikasi tertentu seperti Sleekr HR. Agar lebih efisien, sertakan gambar atau video pada pengumuman dan neswletter Anda. semakin banyak Anda menyebar info di berbagai tempat, maka akan semakin mudah karyawan mengaksesnya.

    Baca juga: 4 Tips Perencanaan SDM bagi Perusahaan Anda

  3. Ketahui Target Pasar

    Pasar seorang HR adalah karyawan. Sama seperti seorang marketer yang berusaha memahami perilaku konsumen, departemen HR juga perlu memahami para karyawannya. Ketahui apa kebutuhan karyawan, hal-hal yang membuat mereka tertarik, dan apa yang mereka inginkan dari perusahaan. Dengan memahami semua itu, departemen HR akan lebih mudah memberikan pesan pada karyawan secara lebih spesifik dan membuat program sesuai yang diperlukan karyawan, bukan dipukul rata secara general. Misalnya seperti ketika perusahaan mengeluarkan program kesejahteraan baru. Program ini harus mampu memberikan benefit pada karyawan di masing-masing divisi. Proses penyampaian pun juga disesuaikan dengan sudut pandang masing-masing. HR harus mampu menjelaskan manfaat apa yang bisa didapatkan oleh karyawan sehingga mereka akan merasa senang terlibat di dalamnya.

    Baca juga : 5 Cara Retensi Karyawan Paling Jitu Untuk Perusahaan Anda

  4. Mengukur Efektivitas

    Apakah karyawan Anda rajin membalas email? Jika iya, apakah mereka mendapatkan pesan tersebut di waktu yang tepat? Apakah program training yang dijalankan berhasil membuat karyawan berkembang? Apa karyawan sudah puas dan pertanyaan lain seputar hal tersebut wajib dijawab oleh HR untuk mengukur efektivitas kinerja mereka? Data terkait efektivitas kinerja karyawan sangatlah penting. Melalui seluruh data yang ada mengenai karyawan dan perusahaan, diharapkan seorang HR dapat melihat apa yang diperlukan oleh perusahaan untuk berkembang. Dari sini HR bisa membuat strategi untuk terus menghasilkan inovasi bagi perusahaan.

    Baca juga: 5 Tips Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan Perusahaan

Mungkin sebagian orang berpikir bekerja di departemen HR adalah jabatan yang cukup bergengsi. Namun, perlu diketahui, menjadi seorang HR harus siap menanggung beban kerja yang lebih berat karena tak hanya berperan mengayomi kesejahteraan karyawan, ia juga harus cerdas dalam menjembatani antara kebutuhan perusahaan dan karyawannya. Dengan kemampuan marketing yang baik, seorang HRD diharapkan bisa me-manage para karyawannya dengan lebih bijak.

Sleekr merupakan??software HR??yang membantu perusahaan untuk menyelesaikan administrasi personalia karyawannya mulai dari manajemen cuti, absen, klaim, hingga perhitungan gaji dan perpajakan karyawan.??